Rapat Kerja Dirjen Pembiayaan Rumah. (Fotp: PUPR)
Eko D Heripoerwanto. (Fotp: PUPR)

SUMUT, INAPEX.co.id, – Menanggapi sejumlah isu strategis dan usulan komponen di tahun anggaran 2018, kinerja Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan dipercepat.

Upaya percepatan itu, dibahas dalam rapat kerja bersama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Tahun Anggaran (TA) 2016.

Rapat kerja itu, keduanya membahas tentang evaluasi kinerja 2016, strategi dan percepatan pelaksanaan kegiatan TA 2017 untuk masing-masing unit kerja, dan persiapan kegiatan 2018.

“Untuk kegiatan di 2018 kami minta setiap unit kerja menyampaikan sasaran kegiatan, indikator kinerja kegiatan, target dan anggaran tahun 2018 serta usulan rincian komponen tahun anggaran 2018 dan beberapa isu strategis,” papar Direktur Perencanaan Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto, di Sumatera Utara, Senin (28/11).

Menurutnya, program Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan di Renstra Kementerian PUPR masuk dalam output Sasaran Strategis 4 (SS4). “Output SS4 ini adalah meningkatnya dukungan layanan infrastruktur dasar perumahan dan permukiman,” kata Eko.

Selain itu, SS4 ini dibagi lagi menjadi Sasaran Strategis Sembilan (SS9) diantarnya meningkatnya penyediaan dan pembiayaan perumahan.

Lebih lanjut dikatakan Eko, SS9 ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa sasaran program yaitu meningkatnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang menghuni rumah layak melalui bantuan fasilitas pendanaan dan pembiayaan perumahan.

Kemudian menurunnya kekurangan tempat tinggal (backlog) melalui bantuan pendanaan dan pembiayaan perumahan.

Reviu renstra Kementerian PUPR ini masih dalam pembahasan bersama dengan Pusat Perencanaan Infrastruktur Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR.

Dalam acara tersebut turut hadir perwakilan dari Bappenas, Bapertarum-PNS, PT SMF, dan Biro PA-KLN, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR dan dihadiri juga para pejabat dan staf di lingkungan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR.