Ilustrasi. (Foto: inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Ditengah kehidupan yang cenderung glamor serta kebutuhan gaya hidup tinggi, Bank Tabungan Negara (BTN) menyambut antusias terkait keinginan punya rumah Kids Jaman Now. Apalagi, memiliki hunian tentu merupakan idaman bagi semua orang. Kendati demikian, untuk merealisasikan itu tak semudah membeli kacang rebus.

Terlebih, itu menjadi tantangan bagi kaum Kids Jaman Now. Berbagai kendala seperti harga rumah yang mahal, akses yang sulit, sampai prosedur yang terlalu rumit disebut menjadi indikasi keengganan mereka dalam memiliki hunian.

Direktur Utama PT Bank BTN (Persero) Maryono merespon kondisi tersebut dengan positif serta berjanji akan membantu para kaum Kids Jaman Now dalam memiliki hunian melalui program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Seperti diketahui, BP2BT merupakan bantuan pembiayaan KPR ke golongan MBR yang berpenghasilan di bawah Rp 3 juta per bulan, caranya dengan menabung secara rutin selama 6 bulan dan menyiapkan uang muka sebesar 5 persen untuk membeli rumah.

Skema bantuan pembiayaan KPR dengan syarat menabung rutin sebenarnya telah diterapkan Bank BTN lewat produk KPR Mikro dan KPR Subsidi dengan bermitra dengan salah satu Perusahaan penyedia jasa ojek online bagi para ojek yang dikelolanya. “Tahun 2018, Bank BTN siap mendukung skema baru yaitu BP2TB yang baru saja diluncurkan oleh Kementerian PUPR,” ujarnya dalam seminar nasional di Jakarta, baru-baru ini.

Lanjutnya, pihaknya juga akan terus melakukan konsolidasi dengan pihak BUMN terkait, instansi pemerintah, maupun pihak swasta dalam mempercepat program pembangunan sejuta rumah. “Bank BTN akan merangkul semua pihak, baik BUMN, instansi pemerintah, maupun swasta untuk mendorong percepatan pencapaian program sejuta rumah,” tambahnya.

Selain akses pembiayaan yang tidak hanya sekadar dengan bunga kredit atau uang muka yang murah, BUMN perbankan itu juga terus melakukan transformasi untuk mempermudah akses pembiayaan lewat inovasi digital.

Salah satunya dengan penyediaan akses perbankan secara digital diwujudkan dengan sejumlah aplikasi perbankan seperti BTN Digital Solutions dan juga portal aplikasi khusus KPR yaitu www.btnproperti.co.id.

“Kebutuhan generasi milenial saat ini adalah kecepatan dan kemudahan mencari informasi dan mengeksekusi keputusan finansialnya, baik untuk menabung, maupun berinvestasi,” kata Maryono.

Tak hanya itu, BUMN Perbankan itu juga menggelar kompetisi vlog untuk mengajak kaum milenial dalam menentukan rumah impiannya. Kompetisi vlog bertajuk Rumah Impianku bertujuan memberikan edukasi tentang pentingnya menabung untuk bisa meraih tujuan finansialnya.

Selain itu, kompetisi yang menawarkan hadiah total senilai Rp 50 juta tersebut juga diharapkan bisa memberikan gambaran tentang seperti apa kebutuhan akan rumah tinggal bagi para generasi milenial.