Kerja Minimal 1 Tahun Bisa Beli Rumah Rp.116 Juta di Cikampek
Griya Indah Cikampek (Foto: rumah)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Saat ini pengembangan rumah murah berfokus di wilayah Bogor, nyatanya Cikampek juga menyimpan potensi pertumbuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Bersebelahan dengan Karawang, Cikampek adalah kawasan yang dilalui jalur Pantura dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Stasiun kereta yang tersedia di Cikampek ialah Stasiun Cikampek Kota, yang menghubungkan kereta api antara Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon.

Berdasarkan data kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Desember 2015 lalu, Jawa Barat tercatat sebagai wilayah kantong rumah subsidi terbanyak yaitu 28.409 unit.

Griya Indah Cikampek

Lokasi perumahan murah ini cukup dekat dengan Kawasan Industri Indotaisei yang terdiri dari sejumlah perusahaan industri besar meliputi PT. Yamatogomu Indonesia, PT. Indotaisei Indah Development, PT. Kalbe Morinaga Indonesia, dan sebagainya.

Harganya dibandrol Rp.116,5 juta dengan luas bangunan 30/60 lengkap dua kamar tidur. Tidak hanya rumah subsidi, pengembang PT Wiratama Perkasaputra juga menawarkan ruko dengan luas 36 meter persegi seharga Rp.253 juta.

Pondok Cikampek

Dengan harga jual yang persis seperti Griya Indah Cikampek yaitu Rp.116,5 juta, perumahan murah Pondok Cikampek menawarkan hunian berukuran 27/60.

Keuntungan tinggal di sini adalah jarak yang sangat singkat dengan Stasiun KA Cikampek. Menurut pantauan Google Maps, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 15 menit dengan berjalan kaki untuk mencapai stasiun.

Griya Pucung Asri

Ketiga perumahan subsidi Griya Pucung Asri yang berada di Jalan Mashudi, Pucung, Kotabaru. Uang muka sebagai tanda jadi dan sudah bisa memilih unit yang diinginkan hanya sebesar Rp.6 juta yang bisa diangsur sebanyak empat kali.

Konsumen bisa memilih cicilan yang dikira mampu untuk membayarnya tiap bulan, pilihannya Rp.785 ribu/bulan selama 20 tahun, Rp.1 Juta/bulan 15 tahun atau jika ingin lebih singkat, konsumen harus menyiapkan dana Rp.1,4 Juta selama 10 tahun.

Bagi Anda yang tertarik atau memang sedang mencari rumah subsidi di kawasan Cikarang, sebelum datang langsung ke perumahannya sebaiknya ketahui dahulu apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk memilikinya.

  • WNI dan berdomisili di Indonesia,
  • Sudah berusia 21 tahun atau telah menikah,
  • Pemohon maupun pasangan (suami/istri) belum mempunyai rumah dan belum pernah memperoleh subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah,
  • Gaji/penghasilan pokok tak lebih dari Rp.4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak dan Rp.7 juta untuk Rumah Sejahtera Susun, atau maksimal gaji/penghasilan pokok sesuai ketentuan pemerintah,
  • Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun, dan
  • Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

(rmh)