Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kepada Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Kementerian PUPR. (Foto: PUPR)
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kepada Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Kementerian PUPR. (Foto: PUPR)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Untuk kesekian kalinya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali meraih prestasi, terkait Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2016.

Bahkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2016 tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di Istana Merdeka.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan itu kepada Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Kementerian PUPR Lana Winayanti mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Penghargaan yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini diberikan setiap dua tahun sekali pada saat Peringatan Hari Ibu (PHI).

Penghargaan yang terdiri dari empat katagori diantaranya, Paratama, Madya, Utama, dan Mentor.

Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran masyarakat Kementerian PUPR Lana Winayanti didampingi Kepala Biro Perencanaan Anggaran dan Kerjasama Luar Negeri Widiarto mengaku, pemberian penghargaan dalam katagori Mentor (tertinggi) ini karena Kementerian PUPR bisa dijadikan percontohan membina daerah dan mitra kerja dalam pengarusutamaan gender dan perlindungan serta pemberdayaan perempuan.

Terkait soal mitra kerja dikatakan Lana, Kementerian PUPR saat ini mempunyai mitra industri konstruksi, kemudian sering mensosialilasikan tentang Bahaya HIV/AIDS untuk pekerja konstruksi.

Kemudian didorong untuk konsultan atau kontraktor ikut memikirkan isu gander dalam disain perencanaan dan konstruksi bangunan gedung. “Karena kadang-kadang ditempat kerja itu pekerja-pekerja perempuan kurang diperhatikan, “terangnya.

Selain itu, program kota tanpa kumuh, program sanimas yang melibatkan masyarakat, serta kota hijau. Pemberian APE ini dilakukan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan atas semangat dan antusiasme Kementerian.