• Inapex

    Kebutuhan Apartemen Harga Mulai Rp.600 Jutaan di Jabodetabek Meningkat

  • Oleh
  • Jumat, 08 Des 2017
  • Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Berdasarkan data pengunjung pameran Indonesia Properti Expo 2017 terlihat kebutuhan apartemen di Jabodetabek mencapai 25% pada rentang harga antara Rp.600 juta–Rp1,5 miliar. Pengamat Bisnis Properti Toerangga Putra mengatakan, indikasi perbaikan sudah mulai terlihat sejak hadirnya sejumlah pasokan apartemen kelas menengah dan menengah atas.

    “Sentimen sudah mulai positif, tapi secara transaksi belum ada pergerakan yang signifikan. Sehingga diharapkan pada Agustus 2017 nanti bukan lagi waktunya recovery. Normalnya, per tahun pertumbuhan properti nasional bisa mencapai 12% – 15%. Tapi tahun ini kami memprediksi akan tetap tumbuh meski hanya di bawah 10%,” ujarnya.

    Selain itu, untuk di awal tahun ini pencari rumah layak huni mencapai 89%. Bahkan tingginya antusias konsumen properti tersebut rata-rata dimanfaatkan sebagai hunian sendiri.

    Lebih lanjut dikatakan Toerangga Putra, untuk pencari rumah 63%, Apartemen 25%, Ruko 5%, dan pencari kondotel serta villa mencapai 5%. “Presentasi tersebut diakumulasi dari total pengunjung pameran yang terdiri dari kategori pria 64% dan wanita 36%,” paparnya lagi.

    Kemudian, Toerangga Putra merincikan, peningkatan angka pencari rumah dari total pengunjung pameran properti tersebut yaitu dengan harga bekisar Rp.100 juta – Rp.300 juta mencapai 38%, pencari rumah harga Rp.300 juta – Rp.600 juta mencapai 32%, dan pencari rumah mewah dengan harga Rp.600 juta hingga 1 miliar mencapai 19%.

    Baca Juga :
    Ini Kelebihan Apartemen, Fasilitas dan Lokasi Strategis jadi Prioritas

    Selain itu, presentase investor yang mencapai 11% diawal 2017 lebih membidik hunian dengan harga bekisar Rp. 1 miliar – 2 miliar tercatat 8%, Rp.2 miliar – 5 miliar 2% dan investasi properti dengan harga diatas Rp.5 miliar hanya mencapai 1%.

    “Indonesia Properti Expo merupakan satu-satunya pameran properti yang menampilkan produk sangat bervariasi mulai rumah murah, apartemen, kondotel, pergudangan, perkantoran dan kawasan komersil yang berlokasi diberbagai kota besar,” ujar Toerangga Putra.

    Dalam kesempatan itu, Toerangga Putra mengajak partisipasi seluruh developer untuk mendukung penyediaan rumah murah dan investasi serta mencapai omset besar di Indonesia Properti Expo yang akan kembali berlangsung pada 3 – 11 Februari 2018 mendatang di Jakarta Convetion Center (JCC) Senayan.