Kabar Gembira, LRT Akan Selesai Tepat Waktu
LRT Akan Selesai Tepat Waktu (Foto: beritatrans)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – PT Adhi Karya (Persero) Tbk meyakini pembangunan light rail transit (LRT) Jabodebek akan selesai sesuai rencana walaupun masih belum ditentukan sistem pembiayaan selain dari APBN.

“Target penyelesaian tetap akhir 2018 atau awal 2019 sesuai perintah Presiden Jokowi,” papar Komisaris Utama PT Adhi Karya Tbk, Fadjroel Rachman kepada pers, Kamis (9/2).

Sebelumnya diberitakan dana APBN dianggap tak cukup membiayai keseluruhan pembangunan LRT Jabodebek yang diprediksi menghabiskan dana sebanyak Rp.22,5 triliun.

Padahal, menurut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2016 dijelaskan bahwa untuk percepatan pembangunan LRT Jabodebek itu akan ditanggung seluruh biayanya oleh APBN.

Fadjroel juga mengatakan bahwa pemerintah kini tengah mencari sistem pembiayaan lain untuk LRT Jabodebek.

“Segera diputuskan Presiden Jokowi dalam beberapa hari ini alternatif pembiayaannya,” kata dia.

Kontraktor pelat merah ini ditugaskan untuk membangun LRT Jabodebek yang dibagi dalam dua tahap yang masing-masing tahapan terdiri dari tiga lintas pelayanan. Di setiap keretanya mampu mengangkut sebanyak 300 penumpang.

Tahap pertama adalah lintas pelayanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas sejauh 10,5 kilometer dengan 21 stasiun dan panjang 42,1 kilometer.

Sedangkan tahap kedua lintas pelayanan Cibubur-Bogor berjarak 25 kilometer, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan sejauh 7,8 kilometer, dan Palmerah-Grogol 5,7 kilometer sehingga menghasilkan jumlah panjang 41,5 kilometer.

Rencananya, akan ada 10 stasiun pada tahap dua. Jalur LRT Cibubur-Cawang dijadwalkan beroperasi pada akhir 2017, sedangkan Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh atas dapat beroperasi pada 2018.

Semakin banyak akses yang bisa digunakan, maka dari itu jangan terlalu memikirkan akses yang tidak memadai di suatu lokasi, karena tidak lama lagi pasti pemerintah menyediakan akses tersebut.

Jika belum tahu ingin membeli hunian di mana, dan ingin datang langsung sekaligus bisa mengetahui banyak hunian, bisa mengunjungi Indonesia Properti Expo 2017 yang bertajuk ‘Pesta KPR BTN Anniversary’.

Pameran terbesar diprakarsai PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk bekerja sama PT. Adhouse Indonesia Cipta (AIC) menampilkan 700 proyek properti yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Nikmati suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) mulai dari 4,67 % fixed 1 tahun khusus untuk calon konsumen hanya di Indonesia Property Expo (IPEX) Hall A & B – JCC selama 9 hari mulai dari 11 – 19 Februari 2017 mendatang.

Selain itu, calon konsumen properti yang ingin menikmati banjir promo lainnya juga dapat berkunjung di Booth Bank BTN, diantarnya seperti suku bunga 4,67 % selama 1 tahun, jangka waktu kredit sampai dengan 25 tahun.

“Jadi di pameran tahun ini banyak kejutan promo untuk calon konsumen properti,” kata Person In Charge PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Irwan Prawira, saat Technical Meeting Indonesia Properti Expo 2017, di Ruang Merak, Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, belum lama ini.