Kabar Gembira! Jokowi Berikan Lahan Untuk Masyarakat Kecil
Presiden Jokowi (Foto: mojok)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Pemerintah sudah berencana akan memberikan lahan untuk masyarakat kecil. Lahan tersebut diberikan dengan tujuan supaya ekonomi masyarakat bisa meningkat.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada sebanyak 12,7 juta hektar yang akan diberikan kepada masyarakat. Hanya saja, lahan tersebut akan diberikan secara khusus kepada masyarakat kecil.

“Konsesi itu akan kita berikan pada masyarakat bukan pada perusahaan besar bukan pada korporasi, tapi pada masyarakat agar sekali lagi gini ratio itu menjadi semakin sempit ,” tuturnya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (3/2).

Rencana ini, lanjutnya, sudah mulai dilakukan. Pada tahap awal, pemerintah sudah memberikan luas lahan kepada masyarakat di Kalimantan Tengah.

“Kita mulai Januari yang lalu di Kabupaten Pulang Pisau di Kalimantan Tengah bagi kelompok-kelompok ada yang diberi 400 hektar, ada yang kita beri 1.300, ada yang diberi 700 hektar, dan juga tanah adat bulan yang lalu juga kita berikan ada mungkin 1.800 tanah adat. Yang baru kita berikan kemarin baru sembilan tapi sudah kita mulai ada yang kita beri 500 yang kita beri 800 tapi 1.800,” tuturnya.

Diharapkan, proses redistribusi aset ini akan memberikan efek bagus dalam perekonomian masyarakat kecil. Dengan demikian, ekonomi Indonesia bisa meningkat dengan merata.

“Kita bagi-bagi kepada rakyat dalam proses redistribusi aset dan reformasi agraria ini harus dimulai kalau dulu diberikan 500.000 ha diberikan 300.000 ha sekarang kita berikan yang kecil-kecil kepada rakyat tetapi memang harus ada proses kerja sama,” paparnya.

Akan tetapi, Jokowi menghimbau agar lahan yang diberikan mesti dimanfaatkan secara produktif. Jokowi juga tidak mau lahan-lahan tersebut tidak dimanfaatkan sehingga program ini akan menjadi sia-sia.

“Artinya kalau sudah diberikan itu harus produktif, jadi yang besar sekarang boleh bekerja sama dengan rakyat, kalau dulu yang gede silahkan membayar pabrik tapi konsesi ada di rakyat. Inilah sebuah kerja sama gotong royong,” himbaunya.

Program ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah guna melaksanakan pemerataan pembangunan. Tidak hanya di kota besar, masyarakat di daerah terpencil juga akan merasakan dampak dari program ini.

“Jangan sampai yang menikmati pembangunan hanya segelintir perusahaan yang besar atau orang di kelas atas tapi kita harapkan jika masyarakat yang di bawah bisa menikmati konsesi-konsesi yang ada,” tutupnya.