Jokowi Resmikan Lagi Pos Lintas Batas Negara di Kalimantan Barat
Pos Lintas Batas Negara Aruk (Foto: tribunnews)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Setelah Nanga Badau, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan resmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Aruk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), Hari ini Jumat (17/3/2017).

Peresmian ini dilaksanakan Jokowi setelah Kemarin membuka PLBN Terpadu Nanga Badau di Kapuas Hulu Kalbar.

Jadwal ini maju satu hari. Informasi yang diperoleh ahli properti sebelumnya, Jokowi akan meresmikan PLBN Terpadu Aruk pada Sabtu (18/3/2017).

PLBN Aruk adalah PLBN ketiga dan terakhir di Kalbar yang dibangun pemerintah. Sebelumnya, ada PLBN Terpadu Entikong dan PLBN Terpadu Badau yang berbatasan langsung dengan Malaysia sudah resmi dibuka.

Pembangunan PLBN Terpadu Aruk menjadi tanggung jawab Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pelaksana pekerjaan diatur oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sepanjang satu tahun sejak Desember 2015-Desember 2016. PLBN Terpadu Aruk dibangun menjadi dua tahap.

Hingga kini pengerjaan tahap I yang terdiri dari pengerjaan zona inti berupa bangunan utama PLBN, gudang sita, pos pemeriksaan kendaraan, rumah pompa dan genset, dan check point sudah selesai dibangun.

Berdasarkan pantauan, bangunan utama PLBN Terpadu Aruk telah berdiri kokoh dengan konsep arsitektur Rumah Panjang yang merupakan rumah tradisional suku dayak.

Adapun ornamen-ornamen yang ada pada bangunan utama PLBN dirancang untuk mengadaptasi corak ukiran tradisional dayak.

 

Pembangunan tahap I PLBN Terpadu Aruk diprediksi menghabiskan dana sampai Rp.200 miliar, Menempati lahan 9,1 hektar, bangunan PLBN Aruk Tahap I memiliki luas 2.829,9 meter persegi.

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (21/12/2016).

Jokowi dan Iriana Joko Widodo  bersama dengan Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Mensesneg Pramono Anung, serta Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH tiba di PLBN Entikong pada pukul 09.40 WIB sesudah menghadiri Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengutarakan kepuasannya atas selesainya PLBN Entikong bisa tepat waktu. Bahkan, sekarang ini telah lebih baik dari pos lintas batas milik Malaysia sesuai keinginannya.

“Saya beri waktu dua tahun sejak 2014 dan secara singkat saya minta ini harus lebih baik dari di sana (Malaysia). Sekarang kata Menteri PUPR ini udah lima kali lebih baik dari yang di sana, tapi akan saya cek lagi nanti,” papar Jokowi.