• Inapex

    Jangan Khawatirkan Ukuran Apartemen, Ini Cara Mengatasinya

  • Oleh
  • Minggu, 04 Feb 2018
  • Apartemen-Kecil-4

    Apartemen Kecil (foto: google.co.id)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Di tengah tingginya harga hunian tapak, apartemen menjadi solusinya. Namun, unit apartemen yang tersedia di perkotaan saat ini ukurannya kian kecil sebagai siasat agar harga jualnya bisa lebih terjangkau.

    Ukuran yang kecil tersebut terkadang menjadi kendala bagi calon pembeli. Kekhawatiran atas kecilnya ruang, membuat mereka berfikir dua kali untuk membeli rumah. Tapi, faktor kepraktisan apartemen menjadi nilai tinggi untuk diperhatikan.

    Kalau dulu tipe terkecil unit apartemen berupa studio berukuran 25-29 m2, saat ini ukuran tipe studia rata-rata hanya 21-23 m2 bahkan di beberapa lokasi ada yang ukurannya hanya belasan m2 sehingga konsepnya seperti kamar dormitory (kos-kosan).

    Dengan ukuran ekstra kecil ini layout ruangnya pun tidak bisa macam-macam, hanya mencakup tempat tidur, pantry sekaligus dapur kecil dan kamar mandi mungil. Dengan layout seperti ini kita harus ekstra bersiasat untuk menatanya agar hunian ini pun tetap nyaman ditinggali. Dalam hal ini dibutuhkan gaya hidup dan perabotan yang sesuai untuk digunakan di apartemen ekstra mungil ini.

    Ada banyak aksesori, perabot, atau furniture yang ingin Anda beli untuk mempercantik tampilan hunian Anda. Namun jangan asal membeli saja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menata interior hunian, mulai dari memilih warna, hingga jenis perabot dan dekorasi. Simak tipsnya berikut ini.

    Pahami luasan ukuran

    Pahami betul luasan unit hunian kita dan jadikan patokan untuk setiap kali kita ingin menyimpan berbagai barang di dalamnya. Pahami luasan ini artinya perhitungkan secara cermat setiap barang maupun benda yang kita miliki dan akan disimpan di unit hunian kita yang ukurannya sangat terbatas.

    Baca Juga :
    Keuntungan Datang Ke Indonesia Properti Expo

     

    Penyimpanan vertikal

    Buat lemari mulai dari dasar lantai hingga langit-langit ruang sehingga dinding berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan. Perhatikan ketebalan lemari jangan terlalu boros yang akan membuat space di dalam ruang semakin terbatas. Rancang lemari dengan pintu geser sehingga tidak memakan tempat untuk aksesnya, tambahkan juga cermin besar di bidang pintunya untuk membuat kesan ruang menjadi lebih luas.

     

    Apartemen-Kecil

    Apartemen Kecil (foto : google.co.id)

     

    Batasi Jumlah

    Sebaiknya jangan meletakkan terlalu banyak perabot atau pajangan di satu tempat. Hal ini akan membuat ruangan menjadi terasa sesak. Jika tidak banyak ruang yang tersedia namun Anda membutuhkan beberapa jenis furniture, maka pilih jenis furniture yang multifungsi.

     

    Memilih Warna Cat

    Biasanya penjual di toko cat akan menyodorkan beberapa katalog warna cat untuk Anda pilih. Namun jangan hanya memilih warna berdasarkan katalog yang tersedia. Perhatikan di mana Anda akan mengaplikasikan cat tersebut dan periksa pencahayaannya.

     

    Apartemen-Kecil-3

    Apartemen Kecil (foto: google.co.id)

     

    Perabot modular

    Salah satu siasat untuk memaksimalkan ruang adalah menggunakan perabot modular yang fungsinya fleksibel. Untuk tempat tidur, gunakan ranjang dengan alas yang bisa dilipat ke dinding sehingga saat tidak tidur kita memiliki ekstra space yang bisa digunakan untuk fungsi lainnya. Ada juga ranjang lipat yang dikombinasikan dengan meja, lemari, rak, maupun furnitur lainnya sehingga penggunaannya bisa lebih maksimal.

    Itulah beberapa tips untuk mengatur ruang apartemen Anda agar terlihat lebih luas. Kini tak perlu lagi ragu membeli apartemen, karena dengan cara yang tepat, rumah ataupun apartemen sama saja. Pilihan berbagai macam apartemen menarik tersedia di Indonesia Property Expo (IPEX) pada 3-11 Februari di JCC, Senayan.