• Inapex

    Hindari Warna Ini, Kutu Kasur jadi Penyebabnya

  • Oleh
  • Selasa, 19 Des 2017
  • Ilustrasi. (Foto: desaincantik.com)

     

    INAPEX.co.id, – Sebuah penelitian menyatakan bahwa kutu kasur atau kepinding suka warna tertentu dari seprai yang dipakai untuk membalut tempat tidur. Penelitian tersebut melibatkan beragam macam tes dan membuahkan hasil bukti bahwa kepinding akan tinggal dan berkembang biak di kasur dengan warna seprai tertentu.

    Fakta yang ditemukan, kepinding begitu menyukai warna hitam dan merah. Namun, hewan dengan nama latin cimex lectuarius tersebut tidak suka dengan warna hijau dan kuning. Para peneliti menilai, temuan tersebut bisa membantu untuk memerangkap dan mengendalikan hama atau kepinding.

    “Kami lantas berpikir bagaimana Anda dapat meningkatkan jebakan untuk kepinding dengan menggunakan sebuah alat pengawasan yang bertindak sebagai tempat persembunyiannya dengan menggunakan warna atraktif bagi kepinding,” jelas Asisten Profesor Biologi Union College, Corraine McNeill.

    McNeill menyarankan untuk menambahkan zat pengendali hama pada seprai kesukaan kepinding seperti karbondioksida atau feromon. Dalam uji laboratorium, preferensi warna kepinding tergantung dari jenis kelamin, rasa lapar, usia, dan status hanya sendiri atau berkelompok.

    Akan tetapi secara umum, preferensi kepinding pada warna merah dan hitam merupakan sebuah hal yang lazim. “Kami awalnya berpikir kepinding menyukai merah karena sama dengan warna darah yang merupakan makanannya, namun setelah melakukan penelitian hal itu terjadi karena warna kepinding sendiri merah dan itu sangat cocok sebagai penyamarannya,” ungkap McNeill.

    Sedangkan untuk warna kuning dan hijau dinilai kepinding sebagai warna terlalu terang yang akan memperlihatkan keberadaannya. Selain itu, kamar tidur anak adalah tempat yang paling berantakan di dalam rumah. Anak-anak pada umumnya malas merapikan dan membersihkan tempat tidurnya.

    Padahal berdasarkan penelitian, kamar tidur rapi dan bersih bisa meningkatkan performa akademik dan sosial sang anak. Tidak hanya malas, waktu yang sedikit juga merupakan faktor penghalang anak untuk membersihkan kamar tidurnya.

    Merapihkan kamar cukup dengan menyimpan semua mainan ke dalam tempat penyimpanan mainan anak. Tambahkan label di tiap tempat penyimpanan dengan menyesuaikan mainan di dalamnya supaya anak bisa mudah saat mencari.

    Begitu pula dengan barang-barang lain yang bisa diletakkan sesuai tempatnya, ambil semua barang yang berada di lantai dan simpan ke dalam kotak penyimpanan ataupun laci. Orang tua juga bisa membuat keranjang penyimpanan untuk meletakkan semua barang yang tak berhubungan dengan kamar tidur.