Gaji Pas – Pasan Mau Investasi? Bisa, Ini Caranya
Investasi (Foto: dok.inapex)

INAPEX.co.id, – Properti merupakan salah satu pilihan investasi yang sangat menjanjikan. Kenaikan harganya (capital gain) tinggi dan bisa disewakan. Namun, untuk beberapa orang menjalankan investasi properti adalah keinginan yang tak mudah dicapai.

Harganya sangat tinggi, sedangkan pendapatannya terbatas. Beruntung jika sudah mampu mempunyai hunian sendiri. Walhasil investasi properti jadi mainan seluruh pemilik kapital.

Meski demikian, berinvestasi properti tak langsung tertutup untuk kalangan yang pendapatan / gajinya masih pas-pasan. Asal ada niat dan keinginan yang kuat dalam investasi properti tentu akan ada jalan terbuka.

Berikut ini ada poin-poin penting yang dapat dijalankan sebagaimana panduan ini untuk membantu mengurus personal finance.

Mengecek Kondisi Finansial

Langkah ini merupakan hal paling utama dan pertama yang mesti dijalankan saat Anda hendak memulai investasi dalam bidang apapun. Catat secara detail jumlah pendapatan per bulan dan pengeluaran wajib meliputi tagihan listrik, telepon, internet, cicilan bank, keperluan makan sebulan, dan lainnya khususnya rincian untuk pengeluaran tak terduga.

Ini harus dijalankan untuk mengetahui secara pasti jumlah pemasukan dibandingkan pengeluaran. Jika ada dana lebih yang bisa disisihkan tersebut jadi modal untuk investasi. Apabila selisih yang diperoleh kecil, tekan pengeluaran konsumsi dan hal lainnya yang dapat dihemat, selisih tersebut mulai dipakai untuk berinvestasi.

Gunakan Bonus atau THR Untuk Modal Awal

Modal awal Anda untuk mulai berinvestasi dapat dilakukan dengan cara menabung. Namun, untuk yang tak terbiasa menabung dan malah tak sabar menanti hasil tabungannya mencukupi, dapat memakai bonus tahunan dari kantor maupun tunjangan hari raya (THR).

Menjelang atau sesudah bulan Ramadhan biasanya banyak developer yang memberikan berbagai jenis promo menarik. Manfaatkanlah kesempatan ini, seperti untuk memperoleh uang muka ringan atau tunai bertahap yang sangat panjang.

Cari Proyek Baru

Apabila selisih dari gaji atau pendapatan ditambah bonus dan THR telah mencukupi, carilah proyek properti yang terbaru. Biasanya pengembang menawarkan harga perdana lebih miring dan nantinya harga tersebut akan terus melambung bersamaan dengan progress proyek. Tidak hanya itu, pembayaran uang mukanya juga sangatr rendah dan fleksibel.

Sewakan

Properti yang Anda miliki dapat disewakan untuk memperoleh pemasukan bulanan. Tidak harus terampil mengolah cashflow dari penghasilan yang diperoleh, intuisi juga diperlukan untuk memperoleh properti terbaik.

(he)