• Inapex

    Ciptakan Suasana Hangat Di Ruang Keluarga Semi Terbuka

  • Oleh
  • Senin, 13 Nov 2017
  • ruang keluarga semi terbuka (foto:unsplash)

    ruang keluarga semi terbuka (foto:unsplash)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Harga hunian yang semakin mahal membuat luasan ruang keluarga semakin mengecil seiring dengan makin kompaknya ukuran hunian yang bisa dibeli. Hal demikian mendorong pemiliknya harus pintar dalam mensiasati, bagaimana membuat ruangan tetap fungsional dan tidak terasa sempit.

    Sementara itu, menurut Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, selain dapur dan ruang makan yang menjadi tempat bercengkerama. Ruang keluarga termasuk memegang peran penting pula untuk menjaga harmonisnya hubungan antara anggota keluarga. Sehingga ruang keluarga ini mutlak di butuhkan di setiap hunian.

    Berikut ini, sejumlah tips cerdas untuk menciptakan ruang keluarga di rumah.

    Sediakan Sofa yang Nyaman

    Saat berkumpul dengan keluarga, sediakan sofa duduk yang nyaman, baik sofa biasa ataupun sofa bed. Jika kondisi ruangan terbatas, bisa menggunakan sofa bed yang lebih kecil. Sofa bed bisa diduduki oleh banyak orang sekaligus dan relatif lebih nyaman dan santai.

     

    Kurangi Alat Hiburan Elektronik

    Fungsi utama ruang keluarga adalah mendekatkan diri sesama anggota keluarga. Itu sebabnya, kata Rafi, sangat disarankan untuk mengurangi keberadaan alat hiburan elektronik. Sebagai gantinya, bisa mulai berbincang sambil bercanda dan bercerita tentang banyak hal.

    “Hal ini bisa jadi merupakan sesuatu kegiatan yang jarang dilakukan sebelumnya,” jelasnya.

    Berikan Sentuhan Alam

    Ada alasan tersendiri mengapa ruang keluarga dengan gaya semi terbuka, bisa lebih dekat dengan alam dan lebih bisa mengakrabkan suasana keluarga. Tapi jika memiliki lahan yang cukup luas, maka silahkan membuat taman di dekat ruang keluarga.

    Siapkan Permainan

    Untuk lebih mencairkan suasana keakraban keluarga maka jangan di lupakan adanya permainan atau game yang bisa dimainkan bersama-sama. Seperti missal, permainan monopoli, congklak, serta permainan yang tidak kalah seru lainnya.

    Apalagi jika anda sebagai orang tua masih bisa mengingat cara bermain permainan tradisional yang biasa dimainkan di masa kecil anda.

    ” Dengan begitu, selain mengakrabkan suasana, permainan tersebut juga bisa menjadi sarana belajar budaya yang menyenangkan. Di sisi lainnya, sembari bercanda bisa di tanyakan kepada anak-anak apakah ada masalah di sekolah mereka,”pungkasnya.