Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Cukup dengan cicilan Rp. 2 jutaan per bulan atau setara tarif indekos, para investor maupun orang tua mahasiswa bisa miliki unit apartemen dekat Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Jadi, kalau dihitung satu unit bisa dihuni dua mahasiswa. Sebenarnya, dengan dobel investasi per orang cukup hanya menyisihkan Rp 1 jutaan per bulan untuk cicilan unit apartemen tadi, apalagi nantinya harga per unit bisa mencapai Rp 350 juta,” ujar Rio Purnomosidi, Managing Director UResort, baru-baru ini.

UResort atau University Resort merupakan proyek apartemen yang dikembangkan di atas lahan seluas 1,5 hektare tak jauh dari kampus IPB.

Lebih lanjut Rio menjelaskan, soal alasan nama resor karena memiliki pemandangan Danau Situ Gede dan hutan kota CIFOR.

Selain itu, pada tahap pertama akan dikembangkan 5 blok apartemen masing-masing setinggi empat lantai (low rise building) dengan total 180 unit. Kemudian, secara keseluruhan tipe unit untuk tahap pertama yaitu tipe studio seluas 24,5 m2.

“Tipe unit yang agak luas sengaja dibuat agar memungkinkan untuk dihuni sampai dua orang tanpa mengurangi rasa kenyamanan untuk tinggal dan belajar,” kata Rio.

Ditambahkan Rio, ada tiga konsep besar pembangunan UResort, yakni eco friendly, edu friendly, dan research friendly. Konsep eco friendly merujuk pada arsitektural yang lebih menonjolkan harmonisasi dengan lingkungan sekitar dengan nuansa alam hijau.

Adapun konsep edu friendly adalah fasilitas-fasilitas dibuat dengan tematik pendidikan yang kental. Sementara eesearch friendly karena lokasi UResort yang memudahkan atau mendekatkan jarak mahasiswa atau mahasiswi IPB melakukan penelitian.

“Ketiga konsep ini akan jadi satu kesatuan holistik yang juga saling terintegrasi sehingga tidak hanya sebuah bangunan semen dengan atap, tetapi sebuah ekosistem yang dikhususkan untuk dapat memenuhi dan mendukung seluruh aktivitas dan kebutuhan mahasiswa,” ujarnya.

Dengan biaya tinggal atau investasi yang relatif hampir sama dengan tinggal pada indekos konvensional, lanjut Rio, tinggal di apartemen mahasiswa bisa berdampak lebih positif, karena dikelilingi lingkungan yang lebih produktif dan dilengkapi banyak fasilitas tematik pendidikan.

Untuk mendukung tujuan tersebut, pekan lalu PT Prima Permata Agung, pengembang UResort dan Badan Eksekutif Mahasiswa KM Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan beserta penyediaan hunian terpadu khusus mahasiswa dan fasilitas pendukungnya di lingkungan kampus tersebut.

Penandatangan kerjasama itu disaksikan oleh Rektor IPB Dr Arif Satria, dekan, serta BEM KM IPB.

Ketua BEM KM IPB Qudsyi Ainul Fawaid mengakui, masalah tingginya kebutuhan hunian ideal saat ini dapat terwujud oleh UResort, baik bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Jumlah mahasiswa di IPB tahun lalu mencapai lebih dari 20.000 orang. Ada sekitar 5.000 mahasiswa baru setiap tahunnya yang menempuh pendidikan di kampus tersebut.

“Kebutuhan hunian masih besar dan ini bisa menjadi alternatif, apalagi didukung dengan konsep tematik pendidikan yang komprehensif sehingga bermanfaat buat mahasiswa,” pungkasnya.