Cara Merawat Wallpaper Agar Awet
Merawat Wallpaper (Foto: kjrmoving)

INAPEX.co.id, – Soal merawat wallpaper dinding pada hakikatnya haruslah diketahui terlebih dahulu jenis apa wallpaper yang dimiliki

Bahkan jika tidak cocok soal pemasangan wallpaper tersebut, justru akan menimbulkan kerusakan pada dinding rumah Anda.

Biasanya, wallpaper  yang berbahan dasar kertas akan sulit untuk dibersihkan, namun berbeda halnya dengan wallpaper berbahan vinyl akan lebih mudah dibersihkan karena memiliki sifat anti air.

Berikut ini merupakan cara bagaimana merawat wallpaper dinding dirumah Anda dari INAPEX.co.id;

1. Rutin Membersihkan secara berkala

Tidak hanya membersihkan wallpaper  dengan menggunakan kemoceng, wallpaper haruslah dicuci secara berkala. Apabila wallpaper yang Anda miliki berbahan vinyl, bisa mencucinya dengan menggunakan air hangat, spons dan sabun khusus.

Sedangkan untuk wallpaper berbahan dasar rentan terhadap air, ada baiknya mencucinya dengan menggunakan dry cleaner.

Kemudian gerakan dalam membersihkan wallpaper berbeda dengan bagaimana membersihkan benda lainnya.

Sebaiknya Anda melakukannya dengan cara atas ke bawah ditambah sabun kemudian keringkan dengan lap berbahan microfiber. Perlu anda perhatikan agar menghindari penggunaan sabun yang bersifat keras.

2. Bintik Kotoran dan Sidik Jari

Bintik sidik jari yang menempel pada wallpaper terkadang menyusahkan. Untuk itu, jika Anda melihat dan membiarkannya nantinya warna yang ada pada wallpaper tersebut, lama kelamaaan akan semakin memudar dan menghilangkan pesonanya.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat dan sabun khusus yang dilap dengan kain microfiber.

3. Hilangkan noda membandel

Jika Anda ingin mencoba membersihkan wallpaper dengan menggunakan deterjen. Sebaiknya Anda menggunakannya sedikit saja. Cara ini paling efektif untuk mengetahui apakah deterjen yang Anda miliki tidak merusak wallpaper didinding rumah.

4. Hilangkan noda tinta, krayon yang merepotkan

Masa anak-anak merupakan masa yang ingin mengekspolari segala hal baik di rumah ataupun di luar rumah. Berangkat dari situlah anak mulai mengasah kreatifitasnya melalui permainan gambar dan warna.

Tak ayal, anak anda akan melakukannya pada dinding dan wallpaper di rumah. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, ada cara yang efektif untuk menghilangkan tinta dan krayon yang menempel yaitu dengan memberikan aeroso hairspray pada noda. Kemudian menyikatnya secara perlahan dengan sikat gigi, lalu bilas dengan air hangat.