Branch Manager Kantor Cabang Bank BTN Jayapura, Bona Pasogit Rumapea (kanan baju batik) foto bersama usai pemberian akad rumah kreditur tuna rungu. (Foto: istimewa)

 

JAYAPURA, INAPEX.co.id – Bank Tabungan Negara (BTN) bersama PT. Darsua Harapan Abadi menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi bagi penyandang tuna runggu di kawasan Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

Branch Manager Kantor Cabang Bank BTN Jayapura, Bona Pasogit Rumapea membenarkan, kredit rumah bersubsidi merupakan program Pemerintah pusat yang ditangani pihaknya di Tanah Papua.

Saat ini, sedikitnya sudah terealisasi 300 rumah yang dibangun pihaknya melalui KPR. “Dalam prosesnya kita tetap memberikan dukungan dengan sejumlah persyaratan yang dapat meringankan para kreditur karena ini rumah bersubsidi,” ujar Bona Pasogit Rumapea.

Sementara itu, pemberian rumah tipe 36 ini disambut antusias oleh warga penerima. “Selama ini berjalan dengan baik, semua kreditur melaksanakan kewajibannya dengan baik. Oleh sebab itu, ke depannya masih ada ratusan rumah lagi yang kami bangun di sini dan daerah lain di Papua Barat,” tambahnya.

Seorang kreditur, Febri Andriani salah seorang penerima rumah subsidi penyandang tuna rungu, ketika diwawancarai melalui teman dekatnya mengatakan, awalnya merasa ragu mengkredit di BTN. Tapi setelah melalui tahapan dan verifikasi, akhirnya dinyatakan lolos.

“Setelah mendapat penjelasan yang akurat dari pihak bank, maka saya beranikan diri untuk mengambil satu unit rumah dengan biaya angsuran Rp 1, 2 juta per bulan selama 20 tahun,” katanya. Ia pun merasa bersyukur setelah mendapatkan satu unit di salah satu blok kompleks perumahan Darsua.

Direktur Utama PT. Darsua Harapan Abadi, Siprianus Yongki menambahkan, pihaknya juga akan membangun di sejumlah lokasi, seperti di Doyo kini 20 unit, tetapi akan ditambah lagi, Yahim 100 unit, Pos 7 Sentani 300 unit dan di Koya 500 unit. “Pembangunan rumah ini juga didasari atas luas lahan yang tersedia serta aspek lingkungan,” ujarnya.

Terlepas itu, pameran properti terbesar di Indonesia bakal digelar kembali di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan mulai 12 – 20 Agustus 2017 mendatang. Pameran Indonesia Properti Expo 2017 yang tertajuk ‘Pesta KPR BTN Merdeka’ tersebut melibatkan ratusan pengembang rumah subsidi hingga hunian komersil.