Beli Apartemen, Lebih Menguntungkan Lantai Atas Atau Bawah?
Ilustrasi (Foto: business)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Posisi hadap sebuah hunian vertikal seperti apartemen mempengaruhi harga jual. Apartemen di lantai lebih tinggi dan mempunyai arah hadap pemandangan yang menarik tentu dikenakan harga berbeda.

Hal tersebut berarti semakin indah pemandangan yang dapat dilihat, semakin tinggi pula harga apartemen tersebut. Oleh sebab itu, calon pembeli harus memikirkan sungguh-sungguh posisi lantai apartemennya agar mendapatkan harga yang sesuai.

Berikut ini keuntungan dan kerugian dalam mempertimbangkan posisi apartemen:

Posisi lantai apartemen

Pemandangan indah menjadi incaran sebagian orang. Biasanya, orang akan memilih apartemen lantai delapan ke atas sebab menyuguhkan pemandangan yang indah.

Misalnya, apartemen di kota-kota besar akan memanjakan mata dengan pemandangan kota di bawah langit biru. Akan tetapi, untuk apartemen tertentu, terdapat tambahan biaya agar bisa memperoleh unit dengan view tersebut.

Keuntungan kedua, berkurangnya kebisingan pada lantai atas apartemen. Tidak hanya itu, keamanan posisi lantai atas relatif lebih terjamin walaupun bukan suatu kepastian.

Adapun kekurangan posisi apartemen di lantai atas, seperti kesulitan memasukkan furnitur dan jika dalam kondisi darurat, misalnya terjadi gempa atau kebakaran.

Akan tetapi, apartemen di bawah lantai delapan juga memiliki nilai plus tersendiri. Pemandangan di apartemen di lantai bawah dapat diperoleh dengan memilih unit yang menghadap ke taman atau kolam renang.

Umumya orang memilih apartemen di lantai bawah sebab letaknya dekat dengan lantai dasar yang memudahkan akses penghuninya. Selain itu, bisa menghemat waktu saat ingin keluar maupun ada rencana memasukkan atau mengganti furnitur akan lebih gampang.

Satu hal yang mesti diperhatikan, usahakan tidak memilih apartemen lantai dasar di antara pintu masuk gedung, tangga darurat, maupun fasilitas umum, seperti pusat kebugaran dan lift guna menghindari kebisingan.

Pertimbangan orang memilih posisi apartemen biasanya sesuai kebutuhan. Posisi apartemen di lantai rendah banyak dipilih keluarga yang mempunyai anak kecil, orang lanjut usia, dan mereka yang takut ketinggian.

Arah hadap

Mempertimbangkan arah hadap sangat penting ketika memilih posisi unit apartemen. Pemandangan yang berbeda di masing-masing sisi jadi keunikan tersendiri pada apartemen yang dimiliki.

Misalnya, ada kamar apartemen di sisi utara dan timur yang menghadap ke jalan, sisi selatan menghadap ke taman dan kolam renang, dan sisi barat menghadap ke permukiman penduduk di sekitarnya.

Faktor arah hadap juga menentukan harga apartemen. Semakin indah pemandangan yang dilihat, semakin tinggi harganya.

Ada pula sejumlah pembeli apartemen yang mengutamakan faktor kesehatan, yakni dengan melihat arah masuknya sinar matahari pagi yang dapat menyehatkan tubuh.