Apartment

JAKARTA, INAPEX.co.id – Pembangunan apartemen di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota disekitarnya berjalan sangat pesat. Setiap tahun Anda dapat menemukan beberapa apartemen baru yang dibangun.

Jumlah apartemen di Jakarta kian bertambah, terutama di wilayah penyangga Jakarta, seperti Ciputat, Serpong, hingga Bekasi. Sementara ketersediaan lahan untuk membangun perumahan terjangkau kian sulit. Meski begitu, para pengembang apartemen mengklaim bahwa seluruh unit apartemen-apartemen tersebut habis terjual.

Kenapa Investasi Apartemen menguntungkan?

Apartemen kini menjadi trend baru di kalangan wisatawan baik domestik dan mancanegara. Fasilitas yang lebih lengkap seperti kitchen set, ruang tamu, dan ukuran yang lebih luas memberikan kenyamanan wisatawan layaknya rumah sendiri.

Berdasarkan catatan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), terihat bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau turis ke Indonesia di tahun ini, khususnya pada bulan Maret 2017, mengalami kenaikan hingga 11,64% dibandingkan dengan bulan Maret 2016.

Kesempatan ini dapat digunakan oleh investor apartemen untuk mendapatkan peluang yang lebih cepat dan lebih besar dengan menyewakan apartemen kosong tersebut secara instan hingga jangka waktu yang diinginkan.
Berikut beberapa alasan mengapa apartemen merupakan pilihan investasi menguntungkan untuk Anda. Simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Permintaan (demand) tinggi

Serbuan warga asing di kota-kota besar Indonesia cukup mempengaruhi tingkat permintaan atas apartemen. Pasalnya, seseorang dengan status Warga Negara Asing (WNA) memiliki hak kepemilikan properti terbatas di Indonesia. Warga asing hanya diperbolehkan membeli apartemen mewah dengan kisaran harga Rp 5 miliar ke atas. Tentunya pasar ini sangat terbatas. Tidak heran, banyak warga asing memilih untuk menyewa apartemen yang mengakibatkan tingginya demand untuk apartemen, terutama di area-area yang berdekatan dengan pusat bisnis ataupun area ekspatriat seperti Kemang.

Namun penyewaan tidak terbatas kepada WNA saja melainkan kepada WNI yang rumahnya cukup jauh dari lokasi kerjanya. Mereka menyewa apartemen untuk mempersingkat waktu mobilitas dari dan ke tempat kerja.

2. Risiko kekosongan relatif rendah

Apartment-02

Apartemen di kota-kota besar seperti Jakarta biasanya memiliki tingkat hunian tinggi. Apalagi jika apartemen tersebut berada di lokasi strategis, misalnya di sekitar Segitiga Emas (Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto), area bisnis seperti Slipi atau wilayah prestisius seperti Kemang. Banyak calon penyewa apartemen yang mencari hunian praktis agar dapat berdekatan dengan lokasi aktivitas mereka.

3. Investasi jangka menengah

Investation

Seperti disebutkan sebelumnya, rental income adalah daya tarik utama dari investasi apartemen. Anda bisa mendapatkan tambahan pendapatan hingga bertahun-tahun ke depan dengan menyewakan unit apartemen milik Anda. Rata-rata jangka waktu sewa apartemen biasanya adalah 2-3 tahun, jadi Anda bisa menerima tambahan income yang cukup signifikan dalam kurun waktu tersebut. Uang sewa biasanya dibayarkan setiap tahun, ataupun dibayarkan sekaligus selama jangka waktu sewa.

4. Bisa Anda tempati sendiri

Family

Salah satu alasan investasi apartemen menguntungkan adalah Anda bisa menempati unit apartemen jika dibutuhkan. Bisa jadi Anda sedang terlibat dalam proyek kerja jangka panjang yang membutuhkan mobilitas tinggi; atau Anda sekedar ingin merasakan suasana baru bersama keluarga maupun teman. Jika belum mendapatkan penyewa baru untuk apartemen tersebut, tidak ada alasan Anda tidak bisa menempati unit apartemen yang Anda miliki. Anda tidak perlu repot mencari dan mengeluarkan biaya tambahan untuk memesan kamar hotel.

Investasi properti terutama di apartemen dapat memudahkan hidup Anda dalam bidang apapun. Memiliki segudang fasilitas menjadikan Apartemen pilihan tepat untuk ditinggali maupun diinvestasikan.