9 Kawasan Ini Ada Rumah Tanpa Bunga, Riba, Pinalti dan Denda

Rumah Tanpa Bunga, Riba, Pinalti dan Denda (Foto: indopropertisyariah)

BOGOR, INAPEX.co.id, – PT Hasanah Karya Abadi (Hasanah Land) mengembangkan perumahan yang dijual dengan bayar langsung ke pengembang dengan dicicil.

Jual beli dijalankan secara halalan toyyiban, tidak ada bunga, riba, pinalti, denda, dan penyitaan jika terlambat membayar cicilan.

Perumahan tersebut hadir di Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur, Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi dan Sumatera.

Pasalnya, untuk sebagian besar orang membeli rumah adalah pengeluaran terbesar sepanjang hidupnya. Pelunasannya pun 10-25 tahun bagi mereka yang membeli dengan KPR. Memperoleh KPR juga gampang-gampang susah sebab penyalurannya semakin ketat.

Konsumen juga harus sudah pekerjaan tetap, menyediakan DP yang banyak, dan tak memiliki catatan merah terkait pinjaman di bank seperti kartu kredit dan pinjaman lainnya.

Cukup banyak masyarakat yang tak dapat mengakses kredit perbankan seperti para pekerja informal, pekerja kreatif, seniman, dan lain-lain. Belum termasuk sebagian kalangan yang enggan meminta kredit bank sebab dinilai tidak sesuai syariah.

“Konsepnya akad utang-piutang, konsumen menyanggupi menyicil dengan jumlah tertentu. Setelah akad rumah tersebut otomatis menjadi milik konsumen dan dia punya kewajiban menyicil kepada kami sesuai kesepakatan,” tutur pemilik Hasanah Land, Farhan Alwayni, kepada pers di Bogor.

Farhan mengatakan bahwa, jika konsumen tak mampu meneruskan cicilan maka rumahnya akan dijual ke pihak lain. Hasil penjualan tersebut sesudah dipotong angsuran akan diberikan seluruhnya kepada konsumen tanpa dikenakan pinalti.

“Seluruh produk menerapkan kredit rumah tanpa riba sesuai syariah islam. Para konsumen melakukan kredit rumah tanpa bank sehingga tidak memerlukan persyaratan kpr seperti pada biasanya. Kpr diterima 90% sehingga kami menjamin bahwa Indo Properti Syariah benar-benar kpr tanpa bi checking,” bunyi laporan tertulis Hasanah Land.

Sejumlah proyek yang dipasarkan  Hasanah Land meliputi D’Village Sindanglaya, Diandra Serpong Village, Sakinah Village, Andalusia Residence, dan Al Ikhlas Residence. Sakinah Village dekat township Harvest City Cileungsi, Bogor, menjual tipe 30/60 dan 36/72 senilai Rp.345,6 juta dan Rp.397 juta.

Uang muka awal sebesar Rp.30 juta sisanya dicicil 1 tahun dan selanjutnya dilunasi selama 10 tahun dengan cicilan Rp.2,08 juta/bulan. Sakinah Village yang menawarkan 66 rumah telah terjual 56 unit. Pengembang juga menawarkan kaveling siap bangun 60 seharga Rp.75 juta dan 72 m2 Rp.90 juta.

“Dalam waktu dekat kami akan memasarkan Hasanah City seluas 25 hektar di Parung Panjang, Bogor. Angsurannya mulai Rp.2 juta/bulan,” paparnya.

Sebelumnya pengembang telah sukses menjual habis tiga perumahan di Bekasi, seperti Rumah Islamik Griya Pesona Cimuning, Property Syariah Griya Pesona Cibening, dan Griya Pesona Tambun Selatan.