5 Cara Menghilangkan Lelah dan Stres Paling Ampuh di Rumah!
Ilustrasi (Foto: keywordssuggest)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Untuk menghilangkan lelah dan stres usai bekerja, apa yang biasanya Anda lakukan sesampainya di rumah? Apakah makan malam, bergegas mandi, atau langsung pergi tidur?

Berbeda dengan kegiatan di kantor yang banyak tugas dan deadline, waktu di rumah adalah waktu yang berharga dan harus dinikmati. Akan tetapi, dengan sisa waktu yang ada, bagaimana cara memanfaatkannya secara maksimal?

Berikut ini ada lima hal yang dapat dilakukan di rumah supaya Anda tak merasa hanya hidup di Sabtu dan Minggu saja.

Letakkan Benda Pada Tempatnya

Lelahnya tubuh saat tiba di rumah langsung terasa dan membuat sebagian orang buru-buru melepas dan menaruh benda di sembarang tempat. Seperti sepatu, jaket, tas, dan pakaian kerja. Kebiasaan jelek ini akan membuat rumah jadi nampak penuh dan berantakan.

Sebaiknya, setelah melepaskan segala atribut yang dipakai langsung posisikan ditempatnya dan baru Anda bersantai ria.

Kumpul dengan Keluarga atau Nikmati Waktu Sendiri

Usai berjam-jam dengan kesibukan pekerjaan, sudah saatnya Anda menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Nikmati waktu bersama orang-orang tercinta, seperti orang tua, pasangan, anak-anak, atau hewan peliharaan.

Jika tinggal sendiri, Anda dapat membuat acara me time di sofa empuk.

Seduh secangkir kopi atau teh sambil mengingat kembali hal-hal menyenangkan yang pernah dialami sambil melihat album foto di gadget.

Masak Makan Malam

Tubuh Anda memerlukan nutrisi yang baik usai seharian beraktivitas. Pulang ke rumah berarti saatnya mengisi perut, namun dengan makanan yang enak dan mudah disiapkan. Misalnya menggoreng ayam atau merebus telur dengan sayur bening.

Maka dari itu, isi kulkas dengan bahan makanan seminggu penuh di akhir pekan untuk membuat makanan-makanan praktis di hari kerja.

Lakukan Hobi atau Merancang Rencana

Salah satu cara menikmati hidup ialah mengisi waktu dengan hobi atau kesenangan pribadi lainnya. Sisihkan waktu 20-30 menit untuk mengerjakan hobi Anda. Misalnya membuat kerajinan tangan atau sekedar bermain alat musik.

Atau bila ingin membuat rencana jalan-jalan di akhir pekan, buat perencanaan dan catat dengan rinci semua perlengkapan yang harus dibawa dan diperlukan. Melakukan hal sesederhana itu diyakini bisa menyegarkan kembali pikiran.

Rapikan Barang untuk Esok Hari

Buat pagi Anda santai dan diawali tanpa emosi di esok hari dengan melakukan berbagai persiapan sebelum pergi tidur. Persiapan ini diantaranya: menentukan baju yang akan dipakai besok, menyiapkan menu makanan yang bisa dihangatkan untuk sarapan, dan bekal makan siang.