Ilustrasi (Foto: wiraland)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Dalam hal membuat kombinasi atau memadukan beberapa warna cat rumah netral menjadi sebuah warna cat yang baru sesuai selera, bukanlah menjadi milik ahli interior saja. Tapi pembaca pun bisa melakukannya untuk membuat warna baru pada dinding tembok rumah anda.Warna cat dinding luar rumah lebih cerah maka akan lebih menarik perhatian yang melintas.

Kombinasi warna cat rumah tampak depan akan mewakili dalamnya. Pemilihan warna cat, diakui atau tidak akan ditentukan suasana hati anda sebagai pemilik rumah. Pemilihan cat warna yang buruk tentu saja akan menjadikan kita tidak betah di rumah.

Namun ada beberapa orang yang tidak mempermasalahkan warna cat dinding rumahnya, alias masa bodoh atau bahkan terkesan meremehkan. Padahal seperti kata istilah “Rumahku – Surgaku”.

Nah berikut ini adalah tips untuk memilih warna cat rumah Anda.

Uji coba warna

Pertama yang harus kita perhatikan, ketika pemilik rumah masih belum menentukan warna cat apa yang akan dipilih, sebaiknya terlebih dulu lakukan uji coba warna warna kombinasi yang anda buat pada tempat kecil lainnya.

Dengan hal ini, Anda dengan mudah dan cepat ketika akan mengganti warna yang kurang pas. Sebagai awal, pilihlah warna kesukaan anda. Pilih warna-warna natural yang terdapat di karpet, sofa, kasur, atau furnitur lain yang ada di rumah. Mulailah mengasah kreatifitas Anda dalam perpaduan warna sesuai selera.

Suasana Ruangan

Langkah selanjutnya adalah anda harus mempertimbangkan suasana ruangan rumah anda. Artinya, setiap ruangan yang terkadang akan anda buat berbeda warna, harus diperhatikan bentuk dari ruang tersebut.

Misalkan, untuk ruang tidur sebaiknya pilih warna-warna yang sejuk atau netral untuk membuat perasaan tenang dan membuat pikiran cerah.

Untuk ruang makan, pada ruangan ini diperlukan warna yang hangat untuk berbincang dengan keluarga. Sehingga pilihlah warna cerah untuk membuat suasana ruangan semakin akrab.

Sedangkan pada ruang tidur anak tentunya akan di bedakan dengan ruang ruang  lainnya. Pada ruang anak, warna yang terlalu mencolok kadang tidak bagus untuk mereka. Hati-hati dalam memilihnya. Bisa juga dengan menambahkan wall sticker yang akan mempercantik kamar tidur anak.

Pencahayaan Ruangan

Selain dari kombinasi warna cat yang anda ciptakan dari hasil kreasi, pengaturan pencahayaan lampu di setiap ruangan bisa menciptakan kesan yang berbeda dan selaras. Sumber cahaya yang berasal dari lampu pijar akan menimbulkan rasa hangat dari kekuningannya. Sedangkan lampu neon mengeluarkan aura biru yang tajam. Perhatikan juga pencahayaan dari luar jika dikombinasikan dengan lampu, mungkin akan cocok dengan ruangan anda.