Pengembang Punya Hutang Fasos-Fasum di Jakarta
Ilustrasi (Foto: ist)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Maraknya hunian vertikal yang tumbuh pesat disejumlah kota besar, tentunya bikin tambah pusing bagi calon konsumen properti yang ingin menentukan hunian untuk dijadikan sebagai tempat tinggal ataupun sekedar investasi.

Apalagi, selain harganya selambung, tentu hunian vertikal atau apartemen ini juga menyiapkan beragam fasilitas yang tidak dimiliki bagi pemilik hunian tapak.

Kendati demikian, banyak pengembang properti yang menawarkan apartemen murah dengan beberapa fasilitas yang dijanjikan.

Apartemen merupakan hunian alternatif yang bisa dipilih masyarakat urban yang bekerja di kota. Selain itu, harga jualnya juga terbilang cukup lebih murah ketimbang rumah tapak. Tapi, harga murah yang ditawarkan bukan jaminan apartemen itu akan menjadi pilihan yang tepat.

Apartemen yang murah dan terjangkau bisa jadi mempunyai beberapa kekurangan tapi bisa juga memberi banyak keuntungan. Untuk itu, perlu kejelian dalam memilih. 3 kiat ini, bisa dijadikan refrensi sebelum beli apartemen murah.

1. CEK LOKASI

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen murah, kita sebaiknya memerhatikan dulu lokasi tempat apartemen tersebut berdiri. Juga beberapa pertimbangan mengenai lingkungan sekitar apartemen.

Apakah lokasi dapat diakses fasilitas umum dan dekat dengan sekolah. Lokasi yang dapat dijangkau fasilitas umum akan membantu kita apabila tinggal dekat apartemen tersebut.

2. AKSES

Selain dekat dengan fasilitas umum perhatikan juga apakah akses transportasi di sekitar apartemen mudah dijangkau. Perhitungkan jaraknya, seberapa jauhkah dari pusat kota.

Paling penting, apakah akses transportasi di sekitar apartemen dapat menjangkau dalam waktu singkat tempat kita bekerja. Akan sulit nantinya kalau akses atau sarana transportasi kurang memadai sekalipun menggunakan kendaraan pribadi.

3. KEAMANAN

Faktor keamanan juga merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Apakah pihak pengembang memerhatikan hal itu ataukah apartemen tersebut sudah mempunyai sistem keamanan yang mumpuni. Apalagi apartemen yang berlokasi di kota-kota besar.

Isu keamanan merupakan isu yang tidak bisa dianggap remeh. Perhatikan juga apakah apartemen mempunyai keamanan untuk kendaraan yang terparkir. Biasanya pihak pengembang yang bonafide akan memerhatikan kemanan dengan memasang CCTV. Atau menggunakan sistem keamanan parkir yang mumpuni dengan menggunakan one gate system.