Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Hasil survei di Pameran Indonesia Properti Expo 2017, ternyata 13% konsumen yang berkunjung lebih memilih lokasi properti yang dicari di kawasan Depok. Pencarian ini lebih tinggi dibandingkan wilayah lain seperti, Jakarta Utara 5%, Jakarta Timur 9%, Jakarta Selatan 11%, Jakarta Pusat 5%, Jakarta Barat 8%, Tangerang 12%, Serpong 12% dan wilayah Bekasi 11%.

Alasan konsumen properti menjadikan Kota Depok sebagai pilihan lokasi favorit karena harga rumah dikawasan ini semakin mahal dibanding wilayah lain. Fakta itu juga terbukti pada hasil survey pencari rumah di pameran IPEX 2017 yang mencatat harga rumah di kawasan Depok terus meningkat.

Setidaknya pada rentang Februari 2017, harga rumah meningkat lebih mahal mulai dari Rp 400 juta sampai Rp 2 miliar per unit. Nilai tersebut menjadi alasan salah satu konsumen properti terus berburu properti di kawasan Depok.

Angka ini tidak berbeda jauh dengan harga disepanjang musim pameran properti Agustus 2016, yakni dikisaran Rp 200 juta per unit sampai Rp.1 miliyar. Direktur Utama PT. Adhouse Clarion Events Toerangga Putra membenarkan, disepanjang tahun 2016 silam, properti pada kategori ini di Depok terus mengalami kenaikan sampai 1,14 persen. “Data pencari rumah merupakan hasil akumulasi dari ribuan pengunjung pameran IPEX,” paparnya.

Penyelenggara pameran IPEX juga mencatat bahwa suplai hunian di Depok mengalami peningkatan sejak awal tahun beberapa tahun belakangan. “Pada Februari 2016, misalnya, terjadi peningkatan suplai sebanyak 29 persen dan meningkat 51,2 persen di Agustus 2016,” tambahnya.

Menurut Toerangga, peningkatan suplai hunian didorong oleh rencana pembangunan berbagai sarana infrastruktur yang sudah dan segera terwujud hingga tahun 2018 ini. Seperti wilayah maupun kota-kota lain yang terus menggenjot pembangunan infrastruktur, Depok juga akan memiliki sejumlah jalur baru untuk menunjang perekonomian kota sekaligus mengurai kemacetan lalu lintas.

Proyek-proyek itu meliputi pengembangan jalan tol Bocimi, stasiun KRL, LRT, dan Terminal Batu Jajar. Kota Depok, Jawa Barat yang diketahui tumbuh dengan berbasis ekonomi kreatif, sangat membutuhkan dukungan transportasi publik. Tak hanya itu, Kota Depok juga memiliki keunggulan sumber daya manusia khususnya dikalangan muda dari sejumlah perguruan tinggi disekitarnya.

Sementara itu, penyelenggaraan event Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018 segera hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan mulai 03 – 11 Februari 2018. Melalui ajang promosi dan transaksi yang tinggal menghitung hari tersebut kembali hadir menawarkan beragam jenis hunian diseluruh Indonesia.