Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – 10 daftar hunian ini, memiliki harga sangat cocok dikantong. Apalagi, memiliki rumah ditahun 2018 ini banyak masyarakat calon konsumen properti masih sangat sulit untuk mewujudkan impiannya. Kenaikan harga properti hunian seperti rumah atau apartemen melaju sangat signifikan. Namun, di sisi lain, penghasilan bulanan tidak mampu mengejar kecepatan kenaikan harga rumah.

Jika Anda termasuk kalangan yang ingin membeli rumah tetapi isi kantong belum bisa kompromi, mulailah mencari proyek properti yang masih terjangkau dengan penghasilan Anda sekarang juga. Pasalnya, rumah merupakan kebutuhan pokok yang mau tidak mau harus Anda penuhi. Semakin ditunda, akan semakin sulit bagi Anda memenuhinya kelak.

Bagaimana cara memulainya? Mari kita lihat kembali isi kantong Anda dan perhitungkan dengan harga DP dan cicilan rumah saat ini. Perhitungkan dengan bijak dengan kebutuhan sehari-hari Anda. Apakah Anda lajang?  Baru berumah tangga? Atau Istri Anda ikut bekerja dan berpenghasilan ? Apapun jawabannya, mulailah menyisihkan penghasilan Anda dari sekarang untuk membeli rumah impian Anda.

Mengutip situs Bank Indonesia (BI), sejak Agustus 2016, BI mengeluarkan aturan penurunan uang muka Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Aturannya adalah, untuk KPR rumah pertama, uang muka yang disyaratkan adalah 15% dari harga rumah. Sedangkan untuk KPR rumah kedua dan ketiga, uang muka masing-masing diwajibkan sebesar 20% dan 25%.

Biasanya, Bank lebih mudah meloloskan permintaan KPR dengan besar cicilan kurang lebih sepertiga atau 30% dari pendapatan rutin Anda. Akan tetapi, dengan adanya aturan tersebut, Anda berkesempatan memperoleh KPR dengan kebutuhan uang muka lebih ringan.

Hanya satu hal yang perlu Anda ingat, bila nasabah bisa menyiapkan uang muka KPR berjumlah besar, cicilan bulanan kelak dapat lebih ringan. Sebaliknya, apabila uang muka KPR yang bisa Anda siapkan berjumlah minimal, beban cicilan KPR bisa lebih besar. Tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan finansial Anda dan kondisi arus kas rumahtangga. Masih banyak rumah yang bisa Anda beli melalui KPR sekitar 400 juta, lho! Tidak percaya? Mari kita melihat satu per satu :

 

1. Green Dramaga

Green Dramaga Residence, Hunian Asri di lokasi Strategis dekat dengan Kampus IPB, RS Karya Bhakti Pertiwi, RS Medika Dramaga, Yogya Dept store, Giant, Taman Wisata Air Terjun , Curug Luhur, Sarana pendidikan, Pasar Tradisional Dramaga dan kemudahan Akses Angkutan. Tersedia type 30/60 , 45/72 & 96/96
Harga Mulai 228 jutaan.

 

2. Nirwana Bojong Residence 

Kendati 20% sudah mulai dihuni, Perumahan Nirwana Bojong terlihat terus dibanjiri konsumen properti. Perumahan ini merupakan proyek rumah murah dengan uang muka atau down payment  (DP) 1 persen. Selain harganya yang sangat terjangkau, pengembang ini juga menawarkan skema kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi maupun konvensional.

Untuk rumah type 29/60, bagi pemohon KPR Syariah cukup membayar tanda minat Rp.6,5 juta yang bisa dibayar dengan waktu jangka tiga bulan untuk melunasi selama proses BPHTB, SHGB, dan proses administrasi. Kemudian untuk jangka waktu kredit juga tersedia pilihan yaitu cicilan Rp.815 ribu/bulan (20 tahun), cicilan Rp.976 ribu/bulan (15 tahun), dan 1,3 juta/bulan (10 tahun).

 

3. Perumahan Muktiwari

Perumahan Muktiwari merupakan hunian dikawasan Cibitung, Bekasi Jawa Barat. Unit rumah type 28/60 ini, memiliki Sertifikat Hak Guna Bangunan dengan fasilitas Trek Jogging, arena bermain serta minimarket. Hunian ini dapat diperoleh dengan harga terjangkau serta banyak hadiah serta layanan mudah hanya di pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

 

4. Permata Mutiara Maja

Salah satu kendala untuk memiliki rumah impian adalah besaran uang muka atau down payment(DP). Khususnya untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), besaran DP yang berkisar 20-30 persen dari harga jual rumah amatlah berat.

PT Bukit Nusa Indah Perkasa (BNIP) yaitu pengembang Permata Mutiara Maja mengadakan promo yang bakal ditawarkan di pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Lewat program promo ini, pengunjung pameran IPEX bisa memiliki rumah tanpa membayar DP alias DP 0 persen.

Pengembang ini, menjamin setiap unit dibangun dengan material berkualitas. Beragam fasilitas pendukung tersedia. Penghuni juga bisa menikmati perumahan murah dengan sistem cluster di lokasi bebas banjir, sistem keamanan terpadu, sarana pendidikan, taman, hingga sarana ibadah.

 

5. Annieland Tangerang 

Hunian ini, dipasarkan dengan konsep cluster harga subsidi. Proyek Annie Land Cisoka Tangerang, merupakan salah satu proyek yang dipasarkan di Indonesia Properti Expo mempunya akses ke Stasiun dan Jalan Tol. Hunian ini dikelilingi antara developer besar yaitu, seperti Ciputra Group, Paramount Land, Sinar Mas Land. Bagi pengunjung pameran IPEX juga bisa mewujudkan impian bisa memiliki rumah double dinding. Untuk promo di awal tahun 2018, tersedia Type Angrek LB/LT : 36/60 (Siap Huni).

 

6. Griya Tangerang Asri

Mengusung tag line “The Best Choice for Better Living”, perumahan ini terletak di Jalan Raya Daon, Rajeg, Kabupaten Tangerang. Dengan total 69 unit, pengembang ini menetapkan harga mulai dari Rp 133,5 jutaan yang merupakan rumah bersubsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Luas bangunan dan tanah rumah FLPP ini adalah 23 meter persegi dan 60 meter persegi.

 

7. Griya Darmaga Asri

Rumah dengan luas tanah 75 M2 dan luas bangunan 75 M2, merupakan hunian asri dilengkapi area berkebun di belakang rumah. Hunian ini juga memiliki Fasilitas : Terdapat carpot dengan pagar, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dapur dan ruang makan, Air PAM,  Listrik PLN, Sertifikat sudah Hak Milik (SHM). Selain itu, hunian ini juga bisa ditempuh hanya 5 menit ke IPB Dramaga Bogor. Tak hanya itu, sangat dekat dengan Rumah sakit Medica Dramaga dan RS Karya Bhakti Pertiwi harga sangat kompetitive.

 

8. Vila Gading Harapan

Pengembang PT Persada Jaya Artha (PJA) Group menawarkan rumah dengan harga di bawah Rp 150 juta yang berada pada tiga lokasi wilayah Bekasi, Jawa Barat. Perumahan pertama, bernama Vila Gading Harapan di Jalan Raya Perjuangan, Teluk Pucung, Bekasi. Rumah yang dipasarkan tipe 29/72 meter persegi. Uang mukanya ditetapkan Rp 7 juta dengan cicilan hingga 20 tahun sekitar Rp 845 ribu per bulan.

 

9. Suropati Residence

Hunian murah dan atau bersubsidi dengan harga terjangkau menjadi harapan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk menggapai impian memiliki rumah. Saat ini hunian model ini bisa ditemukan di kawasan pinggiran Jakarta. Bekasi menjadi salah satu dikawasan yang dipilih pengembang untuk membangun hunian subsidi.  Hunian murah di kawasan Bekasi adalah Suropati Residence di Jalan Raya Srimukti, Tambun Utara. Perumahan ini menawarkan hunian tipe 22/60 seharga Rp 148,5 juta.

 

10. Casavera

Casavera Dramaga Residence menawarkan harga terjangkau Rp 279 juta untuk unit rumah berukuran 36/72 m2 (LB/LT) atau Tipe Magnolia. Harga sudah termasuk booking fee Rp2 juta, BPHTB (Biaya Pajak Hak Tanah Bangunan), balik nama (pemecahan Sertifikat Hak Milik), IMB (Izin Menidrikan Bangunan), APHT (Akta Perikatan Hak Tanggungan) Notaris, pengurusan Kredit Pemilikan Rumah (appraisal, akad kredit, dll), provisi bank, administrasi bank, pajak, pompa air dan pemasangannya, penyambungan listrik 1300 WATT.

Daftar di atas merupakan para peserta yang akan menghadiri Indonesia Property Expo (IPEX) yang diadakan pada 3-11 Februari di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC).